"SELAMAT BERGABUNG" SILAHKAN LIHAT DAN BACA!!!!!!

IKUT GABUNG YUK!! MARI KITA BERBAGI ^_^

Selasa, 05 Februari 2013

Skipsi, Juni 2012 Ririn Charlina Analisa Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Teratai Rumah Sakit Tingkat II DR. A.K. Gani Kesdam/Sriwijaya Palembang Tahun 2012

ABSTRAK SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIK) BINA HUSADA PALEMBANG PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN Skipsi, Juni 2012 Ririn Charlina Analisa Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Teratai Rumah Sakit Tingkat II DR. A.K. Gani Kesdam/Sriwijaya Palembang Tahun 2012 (xv + 72 halaman + 5 Tabel + 12 lampiran) ABSTRAK Komunikasi antara perawat sangat penting dalam pelaksanaan praktik keperawatan, karena dengan komunikasi terapeutik yang baik perawat dapat mengetahui masalah, keluhan, perasaan, mengurangi beban dan mengevaluasi tindakan yang akan dilakukan perawat selanjutnya serta dapat mempererat hubungan perawat-pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien di Ruang Teratai RS Tingkat II DR. A.K. Gani Kesdam/Sriwijaya Palembang Tahun 2012. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian analitik crossectional dan menggunakan accidental sampling. Subjek penelitiannya adalah pasien di Ruang Teratai Rumah Sakit Tingkat II DR. AK. Gani Palembang. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2012. Hasil penelitian ini diketahui bahwa responden mengatakan komunikasi terapeutik perawat adalah baik sebanyak 26 orang (74,3%), kurang baik sebanyak 9 orang (25,7%) dan tingkat kepuasan pasien yakni responden/pasien merasa cukup puas sebanyak 12 orang (34,3%) dan puas sebanyak 23 orang (65,7%). Nilai significancy adalah 0,038 untuk 2-sided dan 0,026 untuk 1-sided. Karena nilai p value < 0,05 artinya ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien. Dan nilai OR yaitu 6,7 yakni komunikasi terapeutik perawat yang baik mempunyai kemungkinan 6,7 kali pasien/responden akan merasa puas. Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien Daftar pustaka : 31 (2006-2012)